Selasa, 09 September 2014

MSDM original by Andika

Manajemen Sumber Daya Manusia

           A.    Pentingnya MSDM
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber daya lainya secara efektif dan efesien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Manajemen ini terdiri dari enam unsur (6M) yaitu, Men, Money, Methode, Materials, Machine dan Market.
Unsur Men (Manusia) berkembang menjadi suatu bidang ilmu manajemen yang disebut manajemen sumber daya manusia atau disingkat menjadi MSDM yang merupakan terjemahan dari Man Power Management. Manajemen yang mengatur unsur manusia ini ada yang menyebutnya manajemen kepegawaian atau manajemen personalia (Personel Management).
Apa saja persamaan dan perbedaan antara MSDM dengan manajemen personalia itu ?
persamaan MSDM dengan menejemen personalia adalah keduanya merupakan ilmu yng mengatur unsur manusia dalam suatu organisasi, agar mendukung terwujudnya  tujuan.
Perbedaan MSDM dengan manajemen personalia sebagai berikut
1. MSDM dikaji secara makro, sedangkan manajemen personalia dikaji secara mikro
2.   MSDM menganggap bahwa adalah kekayaan (asset) utama organisasi, jadi harus dipelihara dengan baik. manejemen personalia menganggap bahwa karyanya adalah faktor produksi, jadi harus dimanfaatkan secara produktif.
3. MSDM pemdekatannya secara modern, sedangkan menejemen personalia pendekatannya secara klasik.
                    MSDM adalah suatu bidang manajemen yang khusus mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam organisasi perusahaan.  unsur MSDM adalah manusia yang merupakan tenaga kerja pada perusahaan, dengan demikian fokus yang dipelajari MSDM ini hanyalah masalah yang berhubungan dengan tenaga tenaga kerja manusia saja.  
                 Manusia selalu berperan aktif dan dominan dalam setiap kegiatan organsasi karena manusia menjadi perencana, pelaku dan penentu terwujudnya tujuan organisasi. tujuan tidak mungkin terwujud tanpa peran aktif karyawan meskipun alat-alat yang dimiliki perusahan begitu cangihnya. alat-alat cangih yang dimiliki perusahaan tidak ada manfaatnya bagi perusahaan, jika peran aktif karyawan tidak diikutsertakan. mengatur karyawan adalah sulit dan kompleks, karena mereka mempunyai pikiran, perasaan, status, keinginan, dan latar belakang yang heterogen yang dibawa ke dalam organisasi. karyawan tidak dapat diatur dan dikuasai sepenuhnya seperti mengatur mesin,modal,gedung.
                          MSDM adalah bagian dari manajemen. oleh karena itu teori-teori manajeman umum menjadi dasar pembahasannya. MSDM  lebih memfokuskan pembahasannya mengenai pengaturan peranan manusia dalam mewujudkan tujuan yang optimal pengaturan itu meliputi masalah perencanaan (human resources planning) pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan pengembangan, kompensas, pengintegrasian, pemeliharaan kedisiplinan dan pemberhentian tenaga kerja untuk membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat. Jelasnya MSDM mengatur tenaga kerja manusia sedemikian rupa sehingga terwujudnya tujuan perusahaan, keouasankaryawan dan masyarakat.
KESIMPULAN
1.       Fokus kajian MSDM adalah masalah tenaga kerja manusia yang diatur menurut urutan fungsi-fungsinya, agar efektif dan efesien dalam mewujudkan tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat
2.       Karyawan adalah perencana, pelaku dan selalu berperan aktif dalam setiap aktivitas perusahaan.

         B.      Komponen MSDM
                Tenaga kerja manusia pada dasarnya dibedakan atas pengusaha, karyawan, dan pimpinan
1.       Pengusaha
                Adalah setiap orang yang menginfestasikan modalnya untuk memperoleh pendapatan dan besarnya pendapatan itu tidak menentu tergantung pada laba yang dicapai perusahaan.
2.       Karyawan
                Merupakan kekayaan utama suatu perusahaan, karena tanpa keikutsertaan mereka, aktivitas perusahaan tidak terjadi. karyawan berperan aktif dalam menetapkan rencana, sistim,proses, dan tujuan yang ingin dicapai. lalu siapa yang disebut sebagai karyawan ?
                karyawan adalah penjual jasa dan mendapat komponisasi yang besarnya telah ditetapkan terlebih dahulu. mereka wajib dan terkait untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan dan berhak memperoleh kompenisasi sesuai dengan perjanjian. posisi karyawan dalam suatu perusahaan dibedakan atas karyawan operasional dan karyawan manejerial (pimpinan).
·         Karyawan operasional adalah setiap orang yang secara langsung harus mengerjakan sendiri pekerjaannya sesuai dengan perintah atasan.
·     Karyawan manejerial adalah setiap orang yang berhak memerintah bawahannya untuk mengerjakan sebagian pekerjaannya dan dikerjakan sesuai dengan perintah. manajer ini dapat dibedakan atas manajer lini yaitu seseorang yang berhak dan bertanggung jawab langsung merealisasi tujuan perusahaan , manajer staf ialah seseorang yang berhak memberikan saran dan pelayanan untuk memperlancar penyelesaiian tugas manajer lini.
                3.    Pemimpin atau Manajer
       Pimpinan yaitu seseorang yang mempergunakan wewenang dan kepemimpinannya untuk mengarahkan orang lain serta bertanggung jawab atas pekerjaan orang tersebut dalam mencapai suatu tujuan.  

C.               Peranan MSDM
       Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan mewujudkan hasil tertentu melalui       kegiatan orang-orang. Perannan MSDM diakui sangat menentukan terwujudnya tujuan,tetapi untuk memimpin unsur manusia ini sangat sulit dan rumit. Tenaga kerja manusia selain mampu, cakap,dan terampil, juga tidak kalah pentingnya kemauan kesungguhan mereka untuk bekerja efektif dan efisiean. kemampuan dan kecakapan kurang berarti jika tidak diikuti moral kerja dan kedisiplinan karyawan dalam mewujudkan tujuan.

D.               Perkembangan MSDM
              Perkembangannya didorong oleh kemajuan peradabban, pendidikkan, ilmu pengetahuan dan tuntutan daya saing produksi barang dan jasa yang dihasilkan. MSDM sudah ada sejak adanya kerja sama dan pembagian kerja diantara dua lebih dalam mencapai tujuan tertentu. MSDM ini pada mulanya terpadu dalam manajemen atau belum menjadi ilmu yang berdiri sendiri.
              Para ahli pada abad ke-20 mengembangkan MSDM  menjadi suatu bidang studi yang khusus mempelajari peranan dan hubungan manusia dalam mencapai tujuan organisasi. Perkembangan MSDM didorong oleh masalah- masalah ekonomis, politis dan sosial.

E.                Metode Pendekattan MSDM
              Dalam mempelajari MSDM ada tiga pendekattan yang dapat dilakukan yaitu
·         pendekatan mekanis
·         pendekatan petamalis
·         pendekatan sistem sosial

F.                Fungsi MSDM

              fungsi manajemen sumber daya manusia meliputi perencanaan, pengorganisasian, penghargaan, pengendalian, pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan, pemberhentian. 

Referensi :
1. Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Bumi Aksara.
2. Sihombing, Sarinah dan Gultom, R. Simon. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, In           Media.
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_sumber_daya_manusia
4. http://hildaagustina.blogspot.com/2012/01/pengertian-manajemen-sumber-daya.html


5. http://www.slideshare.net/samuelplatinum/manajemen-sumber-daya-manusia-12102261

1 komentar: